Amazon slide show

Kamis, 11 Oktober 2007

Menentukan 1 syawal

Sudah hampir setiap tahun selalu terjadi perbedaan dalam menentukan kapan awal puasa dan kapan 1 syawal jatuh. Ini mungkin terjadi karena adanya perbedaan referensi yang dijadikan patokan dalam menentukan kapal awal puasa dan kapan 1 syawal.

Setahu saya patokan jatuhnya 1 syawal itu jika hilal sudah terlihat, tapi jika langit mendung yang menyebabkan hilal tidak mungkin terlihat maka jumlah hari puasanya digenapkan jadi 30 hari.

Meskipun terjadi perbedaan kita berharap jangan ada saling salah menyalahkan atau terjadi perpecahan umat. Kita tetap umat yang sama, mempunyai tuhan dan nabi serta rasul yang sama jadi kita harus tetap bersatu.

Kedepannya kita berharap ada penyeragaman referensi. Mungkin yang selama ini selalu berbeda harus diadakan ijtima untuk dapat menyimpulkan satu kesimpulan, karena hasil ijtima itu jika salah akan mendapat satu derajat pahala tapi jika benar maka akan mendapat dua derajat pahala.

Ahir kata bagi yang merayakan iedul fitri hari ini atau besok(12 okt/13 okt) saya ucapkan minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir bathin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar