Amazon slide show

Jumat, 23 September 2011

Tradisi salim anak pada orangtua

Salim merupakan bukti kecintaan, hormat, dan kepatuhan anak pada orangtua. Ini biasanya dilakukan ketika anak akan pergi dari rumah, baik itu untuk sekolah, belajar, maupun aktivitas lainnya. Saya kurang mengetahui bagaimana perkembangan tradisi ini. Apakah masih banyak dilakukan atau sudah mulai surut ditelan jaman.

Tradisi ini masih dijalankan di keluarga saya. Dengan tradisi ini maka ikatan batin antara anak dan orangtua akan semakin kokoh. Ketika anak akan pergi maka anak pamitan dan mencium telapak tangan orangtua. Si anak memohon do'a restu agar apa yang dilakukan di luar bermanfaat dan berkah. Begitu pula orangtua mendoakan supaya si anak selalu di jalan yang benar dan ada selalu pada bimbingan Allah SWT.

Menurut saya ini merupakan cara untuk meningkatkan hubungan yang baik antara anak dan orangtua. Bila hubungan anak dan orangtua baik maka diharapkan anak tidak terpengaruh sisi negatif di lingkungan luar. Kasih sayang merupakan alat untuk membawa anak pada jalur yang baik. Dengan sendirinya anak akan tidak terlalu senang main keluyuran di luar tapi betah untuk tinggal di rumah.

Sudah sepatutnya tradisi ini lebih digalakkan. Semoga dengan terjalin hubungan anak dan orangtua yang baik, anak-anak akan menjadi generasi emas. Untuk itu mulailah dari keluarga kita sendiri.

Salam,
Arif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar