Amazon slide show

Minggu, 20 April 2008

Kartini dan emansipasi wanita

Setiap tanggal 21 April selalu diperingati sebagai hari kartini. Raden adjeng Kartini dilahirkan pada tanggal 21 April 1879, melalui pemikiran beliau untuk membebaskan tentang kaumnya yang waktu itu tidak bisa maju karena dikungkung oleh adat yang melarang wanita keluar rumah/dipingit,tidak bisa mengenyam pendidikan seperti laki-laki dan sebagai objek yang harus mau dinikahakn bahkan dipoligami oleh lelaki yang tdk dikenal.

Berkat pemikiran Kartini sehingga mendorong terjadinya kebangkitan nasional.Kartini adalah pendorong bagi kemajuan wanita untuk dapat memperoleh hak bisa sekolah dan bisa maju sejajar dengan laki-laki.Pantaslah negara menyematkan beliau sebagai salah satu pahlawan wanita nasional Indonesia.
Wanita sekarang tidak lagi mengalami apa yang terjadi pada saat Kartini hidup.Wanita sekarang sudah bisa sejajar dengan laki-laki. Hampir disetiap jenjang karir sekarang ada wanita yang mendudukinya.Tapi sejajar bukan berarti sama.Janganlah karena emansipasi ibu2 tidak mau lagi menyiapkan sarapan buat keluarganya. Janganlah karena emansipasi cara berpakaian wanita sama dengan laki-laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar