Amazon slide show

Jumat, 03 Juni 2011

Memelihara Internal Customer 2

Tak terasa udah lebih dua hari tak melanjutkan pembahasan tentang teori motivasi dari Maslow dimana memaparkan teori hierarki kebutuhan (Hierarchy of Needs Teory).

Mari kita lanjutkan dimana sebelumnya telah diuraikan dua yaitu physiological need dan Safety and Security.

Social (Belongingness and Love)
Kebutuhan sosial yaitu kebutuhan untuk bisa bersilaturahmi dengan teman, keluarga, tetangga, dan lingkungan sekitar. Memiliki rasa kasing sayang kepada sesama dan rasa empati. Perusahaan harus bisa menciptakan iklim kerja yang hangat, kompak, saling pengertian, dan bersahabat sehingga akan menimbulkan semangat kerja tinggi dan menghindari kejenuhan dari masing-masing karyawan.

Esteem
Esteem adalah adanya penghargaan kepada karyawan baik itu berupa materi ataupun bentuk lain atas hasil kerja yang telah dihasilkannya. Para manajer harusnya harus bisa memberikan pujian apabila karyawan yang dipimpinnya berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Pujian sebagai penghargaan itu tentu saja harus diungkapkan dengan ikhlas dan penuh kasih bukan hanya sebagai simbol atau keterpaksaan.

Self Actualization
Setiap orang apabila sudah bisa memenuhi kebutuhan dasarnya, memiliki safety dan Security, Social, dan Esteem maka orang tersebut bekerja tidak hanya dipandang dari penghasilan yang didapat tapi sebagai aktualisasi dirinya. Ia tak lagi memikirkan penghasilan, menurut ia kerja itu adalah kesenangan dan sebagai ibadah juga untuk menunjukan eksistensi diri.
Sungguh beruntung apabila perusahaan para karyawannya sudah mencapai level ini. Sudah barang tentu tidak mudah untuk bisa menciptakan karyawan pada level ini tapi itulah tantangan para praktisi 'HR' yang harus dihadapi dan dipecahkan.

Salam hangat dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar