Amazon slide show

Jumat, 26 Juli 2013

Manfaat mengusai lebih banyak bahasa

Banyak yang bilang andai saja saya dilahirkan di Inggris atau negara yang berbahasa inggris dan besar di sana tentu saya mahir berbahasa inggris? Tentu saja ungkapan tersebut tidak salah. Tapi kita tidak bisa minta ketika lahir supaya dilahirkan dan dibesarkan di negara tertentu. Ketika kita lahir dianugerahi kemampuan untuk menyerap bahasa dengan baik. Namun kemampuan tersebut sejalan dengan penambahan usia akan semakin menjauh dari anda.

Ternyata banyak manfaat yang bisa didapat dengan menguasai banyak bahasa. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa otak multibahasa yang gesit, lebih cepat, lebih mampu menangani ambiguitas, menyelesaikan konflik dan bahkan melawan penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia.

Meningkatkan daya saing. Manfaat lain dari menguasai bahasa asing adalah untuk meningkatkan daya saing anda. Banyak perusahaan asing yang membuka cabang di Indonesia dan mereka membutuhkan tenaga kerja lokal yang bisa berbahasa asing terutama Inggris, jadi jika anda menguasai bahasa Inggris maka anda satu langkah di depan dalam memperebutkan posisi pekerjaan dibandingkan orang lain yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Menambah banyak teman dan jaringan. Sekarang adalah dunianya internet. setiap orang bisa saling terhubung meskipun terpisahkan jarak ribuan kilometer. Anda tidak akan bisa memanfaatkan kesempatan untuk menambah banyak teman dan jaringan di internet jika anda hanya bisa satu bahasa. Anda tidak mungkin bisa kenalan dengan seseorang berkebangsaan Amerika karena anda tidak bisa mengajak mereka ngobrol dengan bahasa Indonesia, kecuali merekanya bisa berbahasa Indonesia.

Menambah wawasan dan ilmu. Semakin banyak bahasa yang anda kuasai semakin banyak wawasan dan ilmu yang bisa anda dapat. Internet menyuguhkan begitu banyak informasi dalam beragam rupa bahasa, sehingga anda yang mengusai banyak bahasa akan dengan mudah menyerapnya.

Dengan beragam manfaat diatas sudah patutlah kita mencoba mempelajari satu atu dua bahasa asing. Lebih baik lagi yang memiliki anak untuk mulai mengajari mereka bahasa asing sejak kecil karena seperti yang telah disebutkan diawal kemampuan menyerap bahasa itu sangat baik sejak lahir.

Baca juga : ungkapan sederhana untuk istri tercinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar